Tarif Khusus Tiket Kereta Api Jarak Menengah dan Jauh Tahun 2019

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai tarif khusus untuk tiket kereta api komersial / tidak disubsidi oleh pemerintah jarak menengah dan jauh untuk beberapa rute di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Kereta api komersial merupakan kereta api yang ketentuan tarifnya bersifat fluktuatif dan diatur langsung kebijakannya oleh pihak PT KAI sendiri berdasarkan jarak dan kelasnya. Dalam rangka untuk memaksimalkan keterisian tempat duduk (idle seat), PT KAI menerapkan kebijakan tarif khusus dengan harga tiket yang relatif murah untuk rute tertentu khususnya jarak dekat hingga sedang. Bagi para pengguna kereta api khususnya dengan tujuan dan jarak yang tidak terlalu jauh dapat memanfaatkan tarif khusus kereta api sebagai alternatif angkutan untuk mudik dan juga bagi yang kehabisan tiket kereta api lokal. Tarif khusus ini sebenarnya sudah diberlakukan lebih dari satu tahun yang lalu, namun untuk awal tahun 2018 ini ada penyesuaian harga baik kenaikan maupun penurunan tarif untuk kelas dan rute tertentu serta penambahan relasi yang mendapatkan tarif khusus. Berikut informasi mengenai tarif khusus tiket kereta api yang mulai berlaku mulai 22 Februari 2018 hingga saat ini lengkap dengan nama kereta api, rute/relasi, dan kelasnya*:


*Diupdate pada tanggal 04 April 2019
*Untuk rute CN/CNP - GMR/PSE PP, tarif khusus tidak berlaku pada KA Argo Jati, KA Cirebon Ekspres, KA Tegal Bahari, KA Tawang Jaya, KA Kertajaya, dan KA Kutojaya Utara.
*Untuk memperbesar gambar silakan klik kanan gambar kemudian pilih view image.

Ketentuan dan keterangan mengenai tarif khusus kereta api: 
  • Untuk jadwal keberangkatan dapat dicek melalui website resmi KAI (kai.id) atau aplikasi smartphone yang melayani pemesanan tiket kereta api.
  • Tiket dengan tarif khusus hanya bisa dibeli di loket stasiun (go show) atau melalui aplikasi KAI Access mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api selama tiketnya masih tersedia.
  • Tarif khusus juga berlaku juga untuk rute sebaliknya pada rute yang bertuliskan "PP" dan berlaku untuk stasiun yang menjadi pemberhentian di antara rute-rute yang telah disebutkan di atas.
  • Tarif khusus untuk rute yang tidak tertera tulisan "PP" berarti tidak berlaku untuk rute sebaliknya.
  • Untuk yang bertanda asterik/bintang merupakan tarif khusus parsial yang dapat dibeli jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.
  • Tiket dengan tarif khusus hanya berlaku untuk kereta api komersial atau yang tidak disubsidi oleh pemerintah sebagaimana tertera dalam daftar.
Catatan:
Informasi yang tersedia di blog ini akan terus diupdate atau diperbarui secara berkala. Oleh karena itu para pembaca diharapkan secara berkala memantau blog ini untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai info tarif khusus kereta api ini.
 
Apabila ada info yang meragukan atau kurang jelas dalam blog ini mengenai ketentuan tarif khusus kereta api dapat ditanyakan kepada pihak PT Kereta Api Indonesia melalui media sosial resmi KAI (Facebook di @cckai121 dan twitter di @kai121).
Atau bisa menghubungi saya via instagram di @abda_qb .

Jika informasi ini dirasa bermanfaat silakan boleh dishare atau dibagikan secara luas.
Silakan juga mampir ke channel youtube saya di alamat berikut:

https://www.youtube.com/c/AbdauQH

yang berisi beberapa kumpulan video diantaranya tentang kereta api Indonesia beserta informasi jadwalnya.

Comments

  1. Ehm sorry mas. Jakarta-Cirebon parsial ekonomi Non PSO itu di situs sebelah Rp. 90.000 sedangkan disini Rp.105.000,-. Yang valid yng mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang dulu 90 ribu tapi sekarang udah naik jadi 105 ribu. silakan bisa dicek di website resmi KAI atau aplikasi KAI Access mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.

      Delete
  2. Di app kai access ko gabisa di book ya? Contoh gopar gmr-ckp itu 30k, saya ngecek 1 jam sblmnya. Tulisannya seat masih ada 2, tp tp gabisa di klik. Berarti harus lgsg ke stasiun aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo beli pake KAI access itu maksimal H-1 jam sebelum keberangkatan jadi kalo udah lewat 1 jam sebelum keberangkatan hanya bisa dibeli di loket go show stasiun.
      Jadi saran saya kalo mau beli tiket tarif khusus pake KAI access seawal mungkin mulai H-2 jam sebelum jadwal keberangkatan.

      Delete
  3. Dstu Kan Ada Tarif Khusus Buat Tasikmalaya-Kroya Pp
    Nah Saya Mau Naik Dari Banjar Apa Masih Berlaku Parsialnya? Dan Satu lagi KA MATARAM PREMIUM apakah melayani tarif parsialan Kroya-Kutoarjo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tarif khusus juga berlaku untuk keberangkatan dari Stasiun Banjar karena Stasiun Banjar berada di antara Stasiun Tasikmalaya dan Stasiun Kroya hanya untuk KA Argo Wilis, KA Turangga, dan KA Lodaya Malam dan harap diingat tarif khusus mulai berlaku 2 jam sebelum jadwal keberangkatan selama tiketnya masih tersedia.
      Adapun KA Mataram Premium sampai saat ini tidak diberlakukan tarif khusus dan tetap berlaku tarif reguler.

      Delete
  4. Tarif parsial CN-PWT cuma Ranggajati saja yah? Kereta lain tidak bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saat ini tarif khusus rute Cirebon - Purwokerto atau sebaliknya hanya berlaku pada KA Ranggajati dan untuk KA yg lain tetap berlaku tarif reguler atau normal.

      Delete
  5. Permisi min mau tanya saya kan beli tiket malabar dari solo balapan ke malang menggunakan tarif promo 13luckydays nah di s&k nya tertulis tidak berlaku untuk tarif parsial itu maksudnya gimana ya min mohon dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap berlaku karena saya sendiri juga sudah pesan tiket promo untuk rute parsial. Maksudnya di S dan K itu tarif untuk rute parsial tetap sama saja dengan tarif untuk rute aslinya.

      Delete
  6. Mau nanya, kalo misal mau pake ranggajati dari solo. Tapi turunnya ga di Kutoarjo atau Purwokerto apa masih bisa menggunakan tarif khusus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, kalo dari Solo tarif khusus KA Ranggajati hanya berlaku sampai Kutoarjo untuk ke arah barat. Alternatifnya silakan naik KA Prameks dari Solo ke Yogyakarta dan bisa melanjutkan menggunakan tarif khusus KA Ranggajati atau beberapa KA komersial lainnya (lihat di tabel) dari Stasiun Yogyakarta dengan tujuan Purwokerto (bisa turun juga di stasiun yang menjadi pemberhentian KA tersebut). Terima kasih.

      Delete
  7. Mohon maaf untuk madiun jatinegara apa tersedia tiket go show?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk rute Madiun - Jatinegara tidak berlaku tarif khusus, namun tetap berlaku tarif reguler. Jadi sekalipun beli tiket 2 jam sebelum keberangkatan untuk rute Madiun - Jatinegara tarif tiket tetap dengan harga normal. Terima kasih.

      Delete
  8. Maaf mau tanya kalau yg rute jogja surabaya adakah yg tarif khusus?nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada, tarif khusus rute Yogyakarta - Surabaya Gubeng berlaku pada KA Argo Wilis, Turangga, Bima, dan Mutiara Selatan dengan tarif 230 ribu (kelas eksekutif) dan 170 ribu (kelas bisnis). Jangan lupa baca jg ketentuannya ya?

      Delete
  9. Kok harganya tetap sama ya ranggajati kalo pesen lewat kai access? Rute yk-pwt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, silakan dibaca ketentuan mengenai tarif khusus dan di situ tertulis tiket dengan tarif khusus hanya berlaku mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan. Terima kasih.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

JADWAL KERETA API PRAMBANAN EKSPRES (PRAMEKS) TERBARU (MULAI 1 APRIL 2017)